Seminar SARI Project

Stigma Assessment and Reduction of Impact (SARI) Project, Selasa (1/5) mengadakan seminar hasil penelitian tentang kusta (leprosy) di Kabupaten Cirebon yang bertempat di Santika Hotel dan dihadiri sekitar 60 orang yang berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan pemberdayaan Perembuan dan KB, unsur Puskesmas, penderita kusta, LSM, Mahasiswa PhD VU University Amsterdam, Mahasiswa praktek VU University, serta dari Kementerian Kesehatan, Dinkes Provinsi Jabar dan para aktivis.

Acara dipimpin langsung oleh Prof. Irwanto dari SARI Project, kemudian sambutan dari Kemnkes, Provinsi dan Dinkes Cirebon. Selanjutnya adalah pemaparan kondisi kusta di Jawa Barat yang disampaikan oleh Pak Agus serta situasi kusta di Kabupaten Cirebon yang disampaiakan oleh Kasi Pemberantasan Penyakit, Nanang Ruhyana.

Acarapun berlajut ke initnya yaitu seminar hasil penelitian kusta di Kabupaten Cirebon yang disampaikan oleh Mahasiswa PhD VU University Amsterdam Mimi, Kruth, Christin, Dadun dan Beatrix.

Dari karekteristik responden terlihat bahwa penderita kusta lebih dominan laki-laki sedangkan dilihat dari penyebaran umurnya merata. Hal yang di intervensi untuk mengurangi stigam terhadap penderita ada 3, yaitu Contact, SED dan Counseling. Pertanyaan pun banyak bergulir terutama dari Mr. Wim van Brakel, PhD. selaku Universitair Docent & Development VU University Amsterdam.

Acara berlanjut dengan pengalaman intervensi stigma di Nepal dan Rwanda uang disampaikan oleh Annemiek Richters, dan berakhir sampai jam 17.30 WIB.

Tentang ruhyana

Mencari untuk terus belajar dan belajar...
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Seminar SARI Project

  1. Wulan berkata:

    Kalau mau berobat penyakit kusta yang lebih pribadi dimana ya.?
    Soalnya malu..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s