RIFASKES 2011

Tak henti-hentinya Kementerian Kesehatan (KEMKES) membuat terobosan-terobosan yang sangat spektakuler, bombastis. Setelah kegiatan JAMKESMAS, BOK dan RISKESDAS, kemkes menggulirkan program JAMPERSAL, kemudian…nah ini dia RIFASKES atau Riset Fasilitas Kesehatan.

RIFASKES merupakan kelengkapan dari RISKESDAS yang telah digelar pada tahun 2008 dan 2010. Ini dia cuplikan dari website resmi Badan Litbang di khususnya di www.rifas

Riset Fasilitas Kesehatan merupakan salah satu penelitian yang dikembangkan atas dasar prinsip Client Oriented Research Activity (CORA), sehingga pada tahap persiapan dilakukan identifikasi dari kebutuhan mitra terkait yang terdiri dari unit utama Kementerian Kesehatan, Organisasi profesi, organisasi terkait, dan pakar dibidang pelayanan kesehatan.Wakil-wakil dari Unit Utama Kementerian Kesehatan antara lain dari Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, dan Pusat Promosi Kesehatan, Dari kalangan praktisi dan organisasi profesi, telah menyumbangsaran pula wakil-wakil dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Peratuan Perawat Nasional Indonesia, Asosiasi Rumah Sakit Daerah, Persatuan Rumah Sakit Indonesia, Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia, Persatuan Rekam Medik Indonesia, PATELKI, ILKI, PORMIKI dan sebagainya. Para pakar yang pernah turut menyampaikan buah pikirnya antara lain dari Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Hasanuddin.

 

Hasil dari serangkaian diskusi bersama pakar/akademisi, praktisi, organisasi profesi, unit utama Kementerian Kesehatan telah menghasilkan satu set indikator kinerja untuk rumah sakit dan puskesmas. Telah pula diidentifikasikan didata indikator yang akan masuk ke dalam perhitungan Indeks Kinerja Rumah Sakit (IKRS) dan Puskesmas (IKPuskesmas). Indeks fasilitas pelayanan kesehatan tersebut apabila disandingkan dengan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) yang menjadi produk Riskesdas akan dapat dikembangkan menjadi suatu indeks kesehatan yang lebih komprehensif dalam menggambarkan status kesehatan suatu wilayah.

Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi website RIFASKES

 

Tentang ruhyana

Mencari untuk terus belajar dan belajar...
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

13 Balasan ke RIFASKES 2011

  1. awi berkata:

    lokasi daerah yang mendapat kegiatan rifakes mana saja

  2. Yusuf Gsm berkata:

    Kami hadir untuk memberikan SOLUSI KESEHATAN dengan Produk Berkualitas Karya Anak Bangsa, diantaranya Hasil Riset Prof. Dr. Ir. H. A. Mappatoba Sila M.Sc, beliau adalah ilmuwan ternama Indonesia dibidang LEBAH MADU. Yang telah mendedikasikan hidupnya dengan mempelajari keajaiban-keajaiban Lebah Madu. Beliau memulai pendidikannya pada Fakultas Kehutanan di salah satu afiliasi Universitas di Bogor tahun 1969 dalam bidang Kehutanan. Beliau melanjutkan mengambil gelar MAGISTER dan DOKTOR (Ph.D) dalam bidang LEBAH MADU di UNIVERSITY of THE PHILLIPINE at LOS BANOS (UPELB) Filipina tahun 1980, 1987. Beliau memperoleh gelar Ph.D di PHILIPINA dan tercatat sebagai:

    PROFESSOR AHLI LEBAH PERTAMA di UPELB

    Pada tahun 1990, Prof. Dr. Ir. H. A. Mappatoba Sila M.Sc, mengembangkan dan mengepalai sebuah Laboratorium Lebah Madu di Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar. Beliau didukung oleh Staf-staf Ahli yang langsung dikader oleh beliau sendiri. Salah satu Staf Ahli Beliau, adalah Bapak Ir. HAMKA MADDU yang telah beberapa kali mengadakan Training atau Pelatihan Lebah Madu diberbagai daerah di Indonesia.

    http://www.sehatsejahtera.net/
    Kontak: 087843970777

  3. henry berkata:

    saya tertarik dengan rifaskes,saya tamatan d3 kesehatan medical record

  4. Boenda Dik berkata:

    Th 2010 saya jadi tim RISKESDAS t daerah inhil.Kira2 t RIFASKES ne masih bs ikut g ya?Cara’a gmn?Saya D3 kebidanan…

  5. adelia berkata:

    setelah Rifaskes apalagi yach…… ikut donk

  6. kaliwulu berkata:

    kumaha kang puasa te

  7. JUAL SARANG SEMUT berkata:

    saatnya rakyat terbebas dari penyakit, pengobatan gratis harusnya ditingkatkan dan kemakmuran rakyat seharusnya lebih diperhatikan, Pemerintah jangan Suka korupsi!

  8. lowongan kerja berkata:

    selalu saja janji dan janji dari pemerintah tetapi kenyataannya nol besar… sungguh kasihan rakyat kecil…

  9. maruli purba berkata:

    Rifaskes 2011 telah selesai kita laksanakan dengan berbagai suka n duka,, tapi msh ada yg tinggal ne…
    kapan ya kira2 honor yg kekurangannya dibayar.?

  10. Fajar Doank berkata:

    Ikuti Kontes JFleece The Biggest Fans 2 berhadiah Ipad 2, klik disini untuk daftar http://www.j-fleece.com/fleecious/Fajar_Doank

  11. wulandari berkata:

    mau tanya, apa benar kalau sudah tidak ada lagi yg nama’a program jamkesmas dari menkes ???? tolong djwab segera ya, karna saya perlu sekali dengan informasi ini, trm kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s