Gejala Pre-diabetes Pada Wanita

sci.jpg

sumber : http://www.info-sehat.com
Apakah Anda memiliki kelebihan lemak di usia pertengahan? Apakah Anda punya riwayat keluarga yang menderita penyakit jantung atau diabetes? Bila memiliki kelebihan lemak dengan riwayat penyakit jantung atau diabetes dalam keluarga, maka risiko untuk mengalaminya pun juga akan lebih tinggi, khususnya bagi wanita yang berusia diatas 40 tahun.

Memang tidak ada tanda-tanda yang nyata dari tingginya kadar gula darah atau kondisi yang disebut dengan resistensi insulin. Umumnya kadar gula darah naik secara perlahan hingga akhirnya menderita diabetes, penyakit jantung ataupun keduanya.

Namun, resistensi insulin adalah suatu tipe dari pre-diabetes. Beberapa peneliti mengatakan bahwa setengah dari total penderita kelebihan berat badan atau obesitas pada orang dewasa di Amerika mengalami resistensi insulin.

Baru-baru ini cukup banyak wanita dengan riwayat keluarga penderita penyakit jantung atau diabetes tidak mengetahui bahwa mereka seharusnya mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga secara rutin untuk mengatasi terjadinya penyakit diabetes, yang merupakan penyakit urutan kedua sebagai pembunuh paling tinggi di US. Hal ini harus dipublikasikan sebagai berita penting yang harus diketahui oleh semua wanita, sehingga mereka dapat melakukan tindakan pencegahan.

Seorang wanita yang baru mengalami menopause, akan terjadi perubahan hormonal sehingga memicu terjadinya hot flashes dan penimbunan lemak di lingkar pinggang. Lemak juga banyak tertimbun di hati dan organ vital, khususnya mereka yang menderita resistensi insulin, suatu kondisi dimana insulin tidak mampu membawa glukosa ke dalam sel tubuh untuk menghasilkan tenaga.

Selain riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung atau diabetes, wanita yang menderita diabetes selama kehamilan atau mereka yang memiliki bayi baru lahir dengan berat badan diatas 4 kg berisiko lebih tinggi untuk menderita resistensi insulin.

Berdasarkan American Dietetic Association dan para ahli nutrisi di Howard University Medical School mengatakan telah lebih dari 25 tahun, sekitar 70% pasien yang berisiko diabetes dapat dikontrol dengan melakukan diet gula darah dan perubahan gaya hidup.

Kunci dari perubahan diet meliputi sekurangnya makan buah dan sayuran lima porsi sehari, kurangi makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh serta makanan gorengan, perbanyak konsumsi gandum, ikan salmon atau ikan yang kaya kandungan asam lemak, dan hindari makanan yang tinggi kandungan garamnya.

Tentang ruhyana

Mencari untuk terus belajar dan belajar...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Kesehatan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gejala Pre-diabetes Pada Wanita

  1. jaja berkata:

    waduh padahal say sangat suka ama tuh yg namanya gorengan..gmn yah, aku jd takut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s