Menkes Tetapkan 100 Rumah Sakit Rujukan Flu Burung

13 Jun 2007

Mengingat kasus flu burung meningkat dengan cepat selama periode akhir tahun 2005 hingga tahun 2007, Departemen Kesehatan memandang penting untuk menambah jumlah rumah sakit rujukan flu burung. Hal itu berkait dengan perkembangan isu internasional dan nasional mengenai penyakit flu burung yang dikhawatirkan menjadi pandemic.

Sebelumnya Menteri Kesehatan melalui Keputusan Nomor 1371/Menkes/SK/IX/2005 menetapkan 44 rumah sakit sebagai rujukan dalam menangani kasus flu burung. Mengingat semakin luasnya sebaran penyakit tersebut pada manusia yang pada 13 Juni 2007 telah menyebar ke 38 kabupaten/kota di 11 Propinsi dengan jumlah kasus 99 positif, 79 orang diantaranya meninggal dunia, Menteri Kesehatan melalui Keputusan No : 414/Menkes/SK/IV/2007 tanggal 10 April 2007 menetapkan 100 rumah sakit rujukan penanggulangan flu burung (Avian Influenza). Ke -100 RS rujukan dimaksud terdiri dari 44 rumah sakit rujukan lama dan 56 rumah sakit baru sebagai tambahan (daftar selengkapnya terlampir).

Rumah sakit rujukan berfungsi untuk memberikan pelayanan rujukan pasien dan rujukan spesimen yang berkualitas sejak tahap promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Juga mengembangkan program pendidikan dan pelatihan mengenai penanggulangan flu burung. Selain itu, rumah sakit diminta menyempurnakan pencatatan dan pelaporan sebagai dasar epidemiologi flu burung.

Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Flu Burung dimaksud, diharuskan melengkapi sarana, prasarana, dan Sumber Daya Manusia sesuai dengan standar nasional dan internasional. Seluruh biaya yang berkaitan dengan permasalahan tersebut dibebankan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan sumber – sumber dana lain yang tidak terikat.

Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Flu Burung juga diminta agar memberikan laporan secara periodik kepada Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Berikut ini disajikan daftar Rumah Sakit rujukan penanggulangan flu burung di 31 propinsi yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI.

RS Rujukan Flu Burung

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-522 3002 atau alamat e-mail puskom.depkes@gmail.com

Tentang ruhyana

Mencari untuk terus belajar dan belajar...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Menkes Tetapkan 100 Rumah Sakit Rujukan Flu Burung

  1. kesehatan berkata:

    tolong kirim kan data yg berkaitan tentang kesehatan terima kasih atas perhatiannya dan tolong kirim ke jojo_merdeka@yahoo.co.id

  2. reffly berkata:

    Perhatian pemerintah patut diacungi jempol.. tapi di NTT, dari hebohnya kasus flu burung sampai flu babi.., alat di rsu kupang cukup memadai dan mendukung.. tapi gedungnya/ruangannya sama sekali tidak memenuhi syarat.. padahal sudah 2 kali tim dari depkes memantau…. apakah karena iklim di NTT dianggap sulit untuk virus flu burung at flu babi masuk..??… alatnya lengkap, tapi siapapun petugasny, bila ada pasien, tidak mau terjebak didalam ruangan “gudang” isolasi flu burung/flu babi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s