Desa Siaga

Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Siaga
OIeh : Made Riasmini
Juara II Lomba Karya Ilmiah Dosen Berprestasi tahun 2006

images.jpg

Bppsdmk, Jakarta – Visi Pembangunan Kesehatan yaitu Indonesia Sehat 2010 menggambarkan bahwa pada tahun 2010 bangsa Indonesia hidup dalam lingkungan yang sehat, berperliaku hidup bersih dan sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata sehingga memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Untuk mendukung Visi Pembangunan Kesehatan tersebut, maka Departemen Kesehatan mempunyai visi yaitu ?Masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat? dengan misi ?Membuat Rakyat Sehat? serta nilai-nilai yaitu berpihak pada rakyat, bertindak cepat dan tepat, kerjasama tim, integritas yang tinggi serta transparan dan akuntabel. Strategi utama yang ditetapkan untuk mencapai visi dan misi tersebut adalah menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi kesehatan serta meningkatkan pembiayaan kesehatan. Salah satu strategi utama yaitu ?Menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat berupaya untuk memfasilitasi percepatan pencapaian derajat kesehatan setinggi tingginya bagi seluruh penduduk dengan mengembangkan kesiapsiagaan di tingkat desa yang disebut dengan Desa Siaga dimana target yang akan dicapai adalah seluruh desa menjadi desa siaga, seluruh masyarakat berperilaku hidup sehat dan seluruh keluarga sadar gizi

Desa Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular, kejadian bencana dan lain-lain. Tujuan utama pengembangan Desa Siaga adalah untuk memeratakan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat. Untuk itu perlu adanya upaya kesehatan yang berbasis masyarakat agar upaya kesehatan lebih tercapai (accessible), lebih terjangkau (affordable) serta lebih berkuahtas (quality)

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia seperti masih tingginya angka kematian ibu sebesar 307/100.000 kelahiran hidup, angka kematian bayi sebesar 36/1.000 kelahiran hidup, prevalensi gizi kurang sebesar 25,8% dan masih tingginya prevalensi penyakit-penyakit akibat lingkungan yang kurang sehat seperti DBD, ISPA, Diare, Flu Burung dan lain-lain.

Untuk mengatasi masalah yang prioritas, Departemen Kesehatan telah menetapkan salah satu strategi yaitu ?Menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat?metalui desa siaga. Pelaksanaan strategi tersebut perlu didukung oleh SDM Kesehatan yang kompeten, tersedia dalam jumlah yang cukup, terdistribusi secara adil dan merata serta dimanfaatkan secara berhasil guna dan berdaya guna dalam rangka pengembangan Desa Siaga. Ketersediaan SDM Kesehatan yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pengembangan Desa Siaga.

Peran tenaga kesehatan dalam mewujudkan desa siaga sangat penting, dapat dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara menggalang kemitraan dengan masyarakat, melibatkan peran aktif masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi dengan mempertimbangkan potensi masyarakat serta sumber-sumber yang tersedia di masyarakat. Pemberdayaan masyarakat sangat penting dilakukan dengan tujuan agar masyarakat menjadi mandiri, dalam arti memiliki potensi untuk mampu memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi, dan sanggup memenuhi kebutuhannya dengan tidak menggantungkan hidup mereka pada bantuan pihak luar, baik pemerintah maupun organisasi-organisasi non pemerintah.

Tentang ruhyana

Mencari untuk terus belajar dan belajar...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Desa Siaga

  1. nur cyhk ortu berkata:

    tolong kirim komunitas desa siaga

  2. nur cyhk ortu berkata:

    tolong kirim komunitas desa siaga ke emiel saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s